Sang legend of motorcycle

Sang legenda ini dikenal dengan Binter Merzy padahal nama sebenarnya adalah Kawasaki KZ-200. Kenapa terkenal dengan nama Binter ? semua ini berawal dari nama sebuah distributor tunggal sebagai pemegang merek yang mengimportnya dari Jepang yang bernama PT. Bintang Terang Indonesia sehingga banyak yang menyingkat dengan kata ‘BINTER”.Motor ini pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahu 1980. Saat masuk ke Indonesia motor ini mendapat sambutan luat biasa dari para pengemar roda dua tanah air. Mungkin pada waktu itu belum ada motor dengan mesin 200cc seperti ini sehingga mendapat sambutan lebih. Kawak Binter Merzy adalah pelopor motor laki yang berkubikasi besar dikelasnya.

Sayang petualangan sang legenda hanya 6 tahun saja. Sebab pada tahun 1986′an motor ini di hentikan penjualannya karena ada masalah internal keuangan pada PT. Bintang Terang. Hal ini menyebabkan semua produksi motor dari ATPM tersebut dihentikan peredarannya dari jalanan Indonesia.

Pada saat awal mula mengaspal di Indonesia tahun 1980 s/d 1981 akhir, sistem pengapian Binter Merzy masih mengandalkan platina, bentuk tangkinya lekuk sedikit membulat, lampu depan bulat, lampu belakang kotak sedikit berlekuk membulat, serta dasbor speedo tidak ada indikator fuel meter dan berspion masih bulat.

Update berikutnya di tahun 1982, pada tahun ini hanya berbeda pada bentuk lampu depan yang sudah menggunakan model kotak. Selanjutnya tahun 1983 Binter Merzy menggunakan sistem pengapian CDI, tangki berbentuk kotak,  facelift pada bagian lampu sein depan serta lampu belakang berbentuk kotak.

KZ-200 Binter Merzy hadir dengan engine balancer pada tahun 1984 awal s/d 1985′an.  Bagian dasbor speedo meter sudah ada panel indikator fuel meter, model tangki dan kedua spion berbentuk kotak. Para penggemar Merzy sering menyebut Merzy Kobra untuk keluaran terakhir ini.

Spesifikasi Kawasaki Binter Merzy KZ-200 :

Engine

  • Type 4 stroke, SOHC single cylinder, air cooled
  • Displacement 198 cc (0.198 l, 12.08 cu in)
  • Bore x Stroke 66.0 x 58.0 mm
  • Compression Ratio 9.0
  • Starting System Electric starter and kick
  • Carburetor Keihin PW26
  • Ignition Battery and coil (Transistorized ignition)
  • Spark Plug NGK B7ES or ND W22ES-U
  • Lubrication System Forced Lubrication (wet sump)
  • Engine Oil SE class SAE 10W40, 10W50, 20W50, 20W40, or 20W50
  • Engine Oil Capacity 1,4 L

Performance

  • Maximum Horsepower 18 HP @ 8.000 rpm
  • Maximum Torque 1.68 kg-m @ 7.000 rpm
  • Maximum Turning Radius 1.9 m ( 74.8 in )
  • Braking Distance 12 m from kph

Dimensions

  • Overall Length 1.920 mm
  • Overall Width 780 mm
  • Overall Height 1.050 mm
  • Wheelbase 1.280mm
  • Road Clearance 150 mm
  • Dry Weight 126 kg

Transmission

  • · Transmission Type 5-speed, constant mesh, return shift
  • · Cluth Type Wet, multi disc
  • · Driving System Chain drive
  • · Primary Reduction Ratio 3.285 (69/21)
  • · Final Reduction Ratio 2.666 (40/15)
  • · Overall Drive Ratio 7.927 (Top gear)
  • · Gear Ratio : 1st 2.636 (29/11)
  • · Gear Ratio : 2nd 1.733 (26/15)
  • · Gear Ratio : 3rd 1.300 (26/20)
  • · Gear Ratio : 4th 1.050 (21/20)
  • · Gear Ratio : 5th 0.904 (19/21)

Frame

  • · Castor 26 degrees
  • · Trail 88 mm (3.5 in)
  • · Tire Size Front 2.75-18 4PR
  • · Tire Size Rear 3.25-17 6PR
  • · Fuel Tank Capacity 9.3 L

Electrical Equipment

  • · Battery 12V 10 AH
  • · Headlight 12V 35/25 W
  • · Tail Brake Light 12V 8/27 W
  • · Turn Signal Lights 12V 23W
  • · Meter Lights 12V 3.4W
  • · Neutral Indicator Light 12V 3.4W
  • · Turn Signal Indicator Light 12V 3.4W
  • · High Beam Indicator Light 12V 3.4W
  • · Fuses 20A (main), 10A (head), 10A (tail)kawasaki-binter-merzy-kz-200
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s